Experience VSAT With IPSTAR Part 1

18-01-2008 at 1:32 p01 3 comments

IPStar adalah sebuah produk VSAT dari sebuah perusahaan besar yaitu THAICOM Public Company Limited berasal dari Thailand.IPStar Bisa di bilang sebuah teknologi satelit yang memudahkan dalam segi telekomunikasi dengan jaringan yang cepat dan fleksibel bisa di mana saja dan kapan saja selama itu masih berada di daratan Asia-Pasifik.

Sudah cukup basa basi nya…yang ingin saya bahas pada kali ini adalah…pengalaman saya waktu pelatihan EXPRESS di daerah Kebon sirih – Jakarta di sebuah perusahaan yang menyediakan layanan IPSTAR ini.mengapa saya bilang EXPRESS??karena hanya dalam 1 hari itu saya melakukan pelatihan dengan mengkaji inti dari sebuah teknologi VSAT dengan mengunakan IPSTAR(maklum mendadak :D)

oke,sekarang Awal nya…..

IP STAR melayani Coverage Area di seluruh dataran Asia-Pasifik sebanyak 14 negara,total semua beam spot area sebanyak 102 spot,nah di sini pun spot-spot tersebut terbagi lagi menjadi:

  • 84 Standard Spot Beams
  • 8 Augmented Spot Beams
  • 3 Shaped Beams
  • 7 Broadcast Beams

masing-masing mempunyai karakteristik sinyal yang berbeda yaitu:

  • Standard Spot Beam :

-Memusatkan Tenaga Pada 1 titik Daerah

– Dapat Di gunakan pada daerah  Trafic yang tinggi

– Mengunakan tehnik Frequency Reuse

  • Augmented Spot Beam   :

– Menambah beam overlapping pada standard spot beam

– Pre-desain untuk trafic yang sangat tinggi

– Menggunakan frekuensi yang berbeda dengan standar spot yang overlaps

– Komunikasi 2 arah

  • Shaped Beam      :

– Shaped Contour dalam menjangkau wilayah yang luas

– Di desain untuk daerah trafic yang rendah seperti di gurun dan pulau-pulau kecil

– Komunikasi 2 arah

  • Broadcast Region             :

– Shaped Contour yang terbentuk di daerah luas yang menerima layanan broadcast

– Komunikasi 1 arah

Oke lanjut….

di indonesia sendiri pun mempunyai coverage beam spot yang berbeda mempunyai 6 spot beams 1 shaped beam 1 broadcast beam untuk lebih jelasnya ada pada gambar ini:

Source : THAICOM Public Company Training Department

eetttss..sampai disini belum selesai..karena setiap area beam mempunyai area frekuensi yang berbeda nah di gambar ini menjelaskan frekuensi pada setiap converage area :

Source : THAICOM Public Company Training Department

cukup sampai di sini dulu pada bagian pertama Experience VSAT with IPSTAR yang saya jalani…mudah2an bisa bermanfaat..:D nantikan part 2 yang akan saya tulis lagi..pastinya akan lebih menjelaskan apa saja keunggulan IPSTAR sebagai media komunikasi satelit yang bisa di handalkan

saya akhiri…

Wassalam

Entry filed under: Networking, TKJ. Tags: .

Perbedaan IP Private Dengan IP Public Router Mikrotik Vs Router Wireless

3 Comments Add your own

  • 1. hacknowledge  |  18-01-2008 at 1:32 p07

    halo pak siswoyo,maaf sebelum nya saya bukan dari ipstar namun saya bekerja di perusahaan ISP yang menyediakan VSAT ipstar juga.jika bapak tertarik ingin mengunakan IPSTAR bisa hubungi saya di nomor 087888088330 terima kasih

  • 2. Siawoyo  |  18-01-2008 at 1:32 p07

    Medan, 19 Juli 2010

    Kepada Yth,
    Pimpinan ip star
    di
    tempat

    dengan hormat,

    saya sudah mempelajari tentang ip star, saya tertarik untuk memasarkan di medan- sumatera utara
    agar bapak dapat mempertimbangkan permohonan saya.

    Saya adalah direktur CV. Endragana Putra yang bergerak di bidang It. perusahaan saya juga sudah berpengalaman untuk it.
    kantor saya ada di jalan Nangka No. 38 Medan 061-457847 Hp. 081376506133.

    demikianlah permohonan saya perbuat, agar dapat dipertimbangkan atas perhatiaanya saya ucapkan terima kasih

    hormat saya
    CV. endragana putra

    siswoyo, ST
    direktur

  • 3. Siawoyo  |  18-01-2008 at 1:32 p07

    Medan, 19 Juli 2010

    Kepada Yth,
    Pimpinan ip star
    di
    tempat

    dengan horma,

    saya sudah mempelajari tentang ip star, saya tertarik untuk memasarkan di medan- sumatera utara
    agar bapak dapat mempertimbangkan permohonan saya.

    Saya adalah direktur CV. Endragana Putra yang bergerak di bidang It. perusahaan saya juga sudah berpengalaman untuk it.
    kantor saya ada di jalan Nangka No. 38 Medan 061-457847 Hp. 081376506133.

    demikianlah permohonan saya perbuat, agar dapat dipertimbangkan atas perhatiaanya saya ucapkan terima kasih

    hormat saya
    CV. endragana putra

    siswoyo, ST
    direktur

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



Calender

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Blog Stats

  • 5,204 hits

Who Many Visitors?

Open Office Pilihanmu!

About Information Your PC

IP

