Experience Of UAN UKOM

18-01-2008 at 1:32 p03 Leave a comment

Hufff….Ga Terasa gw udah ngelewatin yang namanya UKOM Praktek dan teori…Alhamdullilah gw ucapin syukur sama yang Maha Kuasa,Semua yang gw lewati berjalan dengan baik tanpa hambatan…

Oke…?Di Blog ini gw mau nulis tentang pengalaman gw tentang UKOM tahun ini…2 minggu kemarin gw nulis tentang pengalaman gw tryout UKOM…nah sekarang gw nulis pengalaman UKOM yang sesungguhnya…huff..Langsung aja deh….

14 Maret 2009

Pagi hari yang cerah menurut ramalan cuaca…dengan pakaian ala orang kantoran gw berangkat dari rumah jam 7 pagi untuk mengikuti UKOM tahun 2009,perasaan cukup takut dan tegang menyelimuti gw seiring perjalanan ke sekolah…15 menit sampai ke sekolah..tenyata udah ada 5 orang teman gw yang menunggu di depan LAB KKPI (Tempat Ujian Di Laksanakan),sambil menunggu sampai jam 8 teng!gw sama teman-teman 1 perjuangan mulai membahas kisi-kisi soal yang akan di ujikan pada UKOM…satu demi satu pertanyaan kami bahas dengan baik dan benar agar nanti tidak ada kesulitan pada saat mengerjakan soal.

wah… engga kerasa jam sudah menunjukan jam 8.kemudian pa wal (pa waluyo) memberikan komando agar kami masuk LAB KKPI untuk memulai UKOM..dalam hati gw masih berpikir..dimana pengawas dari luar yang bernama pak sukri sebagai pengawas UKOM untuk Tehnik Komputer Jaringan yang berasal dari Organisasi KPLI Tangerang.Ternyata beliau belum hadir terlihat dari meja pengawas yang masih kosong…setengah jam berlalu…secara bersamaan dengan itu perakitan Ulang PC Server udah selesai.

pas lagi melakukan Instalasi Redhat 9.0  dan Client Windows XP Tiba” pak Sukri yang telah di tunggu-tunggu telah datang….beh…ngeliat begitu langsung semangat.

25 menit berlalu….Server Sudah terinstall dengan baik…dan Client sudah hampir selesai…dan juga kabel crossover pun sudah standby,Langsung tanpa basa basi….langsung setting DNS,DHCP,dan Web server  yang seperti biasa sudah di perintahkan dalam soal UKOM.

Dengan perintah sebagai berikut:

-Setting Domain Name Server dengan domain :

http://www.smknxx-2009.sch.id (xx nama Sekolah peserta)

-Setting DHCPD Dengan IP address 192.168.1.1/24

-Setting Web Server Dengan NameServer http://www.smknxxx.sch.id

Setelah kira-kira setengah jam mengutak-ngatik DNS dan DHCP akhirnya di coba pada server berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang di tetapkan…Mulai lah..percobaan pada Client…Pasang kabel cross pada setiap NIC Di Server Maupun Di Client agar saling terhubung…Dan hasilnya….CONNECTED!huff…tahap pertama sudah terlewati dengan baik…Kemudian Repair Connection pada Client..dan hasilnya…duar…Di dapatnya IP Range DHCP yang udah gw setting sebelumnya..di coba dengan dengan command prompt pada CLient untung mengetes koneksi DNS

“ping http://www.smkn01-2009.sch.id”

Reply From  192.168.1.1 : bytes=32 time<1ms TTL-64

Reply From  192.168.1.1 : bytes=32 time<1ms TTL-64

Reply From  192.168.1.1 : bytes=32 time<1ms TTL-64

alhamdullilah terkoneksi dengan baik….

Tinggal 1 tahap lagi koneksi pada Web Browser dengan WebServer

Setelah semua sudah di konfigurasi….Langsung di Tes pada web browser pada Client…dan akhirnya… IT’s Work!!!!!!

Dan Tanpa banyak pikiran langsung gw panggil pak sukri untuk menilai hasil kerjaan gw….beberapa menit beliau mengecek DNS dan DHCP pada Server maupun Client…selang beberapa detik akhirnya di putuskan konfigurasi server gw berjalan dengan baik tanpa ada hambatan….alhamdulillah….

Tahap selanjutnya untuk menyelesaikan UKOM adalah mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan tugas yang tadi gw kerjain…..contoh soal:

-Tuliskan Langkah-langkah dalam merakit PC

-Catat Spec/Merk/Size Dari masing-masing Hardware

-Tuliskan Cara-cara Partisi Harddisk Pada Client

-Apa Perbedaan Antara Format Hard Disk NTFS dan FAT32

-Dst.

Setelah 30 menit mengerjakan soal-soal tersebut akhirnya Jawaban Soal di kumpulan beserta Soal UKOM…..Dalam Waktu Kurang Lebih 4 Jam Sebelum makan siang…teman-teman 1 angakatan gw pun sudah selesai dengan baik…..Dan kami pun mengucapkan syukur bersama…..

24 Maret 2009

Tepatnya hari selasa kemarin….Gw menghadapi UAN Kompetensi Teori tapi apa yang di lakukan teman-teman gw???mereka menyepelekan ujian ini….tanpa harus memperhitungkan hal yang lebih spesifik untuk mengerjakan soal-soal nanti…dan itu juga membuat gw jadi ikut menyepelekan juga..alhasil….gw dan teman-teman terkejut dengan soal-soal yang di sungguhkan…BENAR-BENAR Sangat BERBOBOT DAN SANGAT SULIT….“Tapi gw salut  memberikan 2 ancungan jempol  untuk yang membuat soal tersebut” Terima kasih yang sudah membuat soal ukom membuat saya semakin bersemangat untuk mengeluti dunia IT™…

2 jam gw mengerjakan soal-soal tersebut dengan sangat teliti dan hati-hati…karena soal-soal tersebut banyak yang menjebak dan juga butuh konsentrasi yang tinggi…baru kali ini menghadapi soal yang berbobot dan berkualitas….
Setelah 2 jam berlalu akhirnya semua soal selesai di kerjakan….
Sangat bersyukur sekali dengan kerja keras dan juga hasil Diskusi teman-teman 1 kelas (lho???koq ujian pada diskusi??)akhirnya soal-soal dapat terjawab dengan baik…walaupun hasilnya belum keluar…tapi gw harus optimis dan percaya akan hasil kerja keras gw memjawab soal-soal tersebut dengan nilai yang terbaik dari yang terbaik….doakan saja hehe😀

sampai di sini pengalaman gw dalam menghadapi ujian akhir sekolah kejuruan….semoga bermanfaat bagi generasi berikutnya…thx…

assalamualaikum wr wb.

Entry filed under: Linux, Networking, TKJ. Tags: .

Experience Of TryOut UKom Updated Hacknowledge’s Blog…

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



Calender

March 2009
M T W T F S S
« Dec   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 5,204 hits

Who Many Visitors?

Open Office Pilihanmu!

About Information Your PC

IP

