Experience Of TryOut UKom

18-01-2008 at 1:32 p03 Leave a comment

Hari Selasa,Minggu Pertama,Bulan maret Tahun 2009

Waktu menunjukan jam 8 pagi….masih teringat tadi malam gw tidur beralaskan karpet lusuh….dan gw tersadar sudah berselimutkan kain hangat….ternyata tadi subuh ga sadar pulang dari LAB TKJ Tercinta…..Hape gw berbunyi…Ternyata Temen gw telpon….Gw sedikit begong….!ANJRIT…Gw Keenakan Tidur….TryOut UKom Dimulai jam 8 pagi….tanpa Berpikir kelamaan..langsung gw pake baju seragam..Saking Paniknya….Merasa udah Ga ada  yang ketinggalan…Kunci Pintu Rumah…Di genjotnya Motor….Tanpa banyak pikiran….di Tarik Gas motor….udah jalan Beberapa meter dari depan rumah….gw raba kantong belakang gw….BAH…..Dompet Ketinggalan di atas meja…Langsung balik lagi… kerumah….di ambilnya dompet di atas meja…Udah semua ga ada yang kelupaan…berangkat deh…sudah sampe di sekolah…langsung ketemu pengawas yang tak lain dan tak bukan guru kompetensi gw….pak waluyo.tanpa banyak omongan yang tak berarti…langsung di berikannya soal tryout komptensi..gw liat soalnya….

Soal 1

Rakit ulang PC server yang sudah di sediakan.

Catat Semua Spesifikasi Yang Ada Pada PC Server di Lembaran Jawaban

Soal 2

Install PC Server Dan Client Dengan CD OS Yang sudah Di sediakan.

PC Server (3 CD Linux Red Hat 9.0)

PC Client (1 CD Windows XP SP 2)

Soal 3

Buat Pengkabelan Dengan Tehnik Cross Over Sebagai Penghubung Antara PC Server Dengan PC Client.

Soal 4

Setting DNS Dengan Domain smkXX-2009.sch.id (XX adalah Nama sekolah anda)

Setting DHCP Pada Server Dengan IP 192.168.1.0/24

Soal 5

Tulislah Langkah-Langkah dalam Merakit PC….

Soal 1:

Gw Rakit Ulang PC Server.Setelah Casing udah kosong melompong…Langsung gw catat Spesifikasi Yang tadi gw bongkar…Duar….Gak lama gw pasang lagi komponen..pas mau install Client dengan Windows Ex Pe…Trouble Is Coming…Bahh First Boot nya ga bisa di ganti CD-Rom…Langsung Minta Permintaan Komando dari Pak waluyo…Tanpa Banyak Omong..Langsung Ganti PC Client…Hampir Ganti 3 PC akhirnya Bisa Juga….Tanpa Basa basi langsung Install XP..Setelah XP Udah Ga ada masalah…Tiba-tiba…jeng-jeng-jeng…Masalah datang lagi dari PC Server…CD-ROM Ga Ke Detect Dari Bios..10 menit berlalu…Gw Otak Atik kabel IDE…akhirnya ke Detect juga…Waktu udah nunjukin jam 9.30..Instalasi PC Client udah selesai..Tinggal PC Server Yang masih menunjukan Installasi Paket Yang Sebelum nya udah gw pilih..Sambil menunggu Instalasi Server Selesai..Gw Buat Kabel Cross Over Yang udah di Perintahkan Dalam Soal…Gw liat Sekeliling Gw..Menunjukan Wajah-wajah  Yang begitu Panik dan terburu-buru…Gw selalu Mengingatkan dalam hati gw untuk tetap tenang dalam mengerjakan UKom tryout ini.Setelah Crimping RJ-45 Terakhir…Gw Coba colokan pada Ethernet Onboard pada PC Server dan Client..Akhirnya…CONNECTED!Amin…Langsung dalam waktu hitungan menit…Instalasi Server sudah selesai…Tanpa banyak Gerakan yang berarti langsung gw konfigurasi  DNS Dan DHCP…Setelah 20 menit gw utak atik DNS dan DHCP.akhirnya semua selesai…Sekarang waktu yang sangat Menegangkan dalam tryout ini…UjiCoba pada PC Client…Setelah konfgurasi DHCP selesai…gw restart Paket DHCP..Duar…Akhirnya Dapet juga DHCPnya pada PC Client…Tanpa gw sadari tenyata gw dapet ip broadcast…Dalam hati gw…wahh trouble ini…hmmm ternyata benar…gw cek di client ke DNS yang gw udah dikonfigurasi…Behhh ga jalan…hua…langsung gw setting ulang DHCP…Gw ganti  IP range DHCP…Gw Restart..Duar…akhirnya jalan….test ulang DNS yang udah gw konfigurasi “Ping http://www.smkn1-2009.sch.id”…duar…Akhirnya jalan…Gw langsung Panggil Pak waluyo Untuk mengecek Kerjaan gw…Setelah di cek ternyata ada yang kurang…Konfigurasi Web Server…Ya 4JJI….Yaudah tanpa banyak omongan…Langsung gw setting HTTPD..dalam hitungan menit akhirnya selesai…gw panggil pak wal(nama Gaul nya Pak Waluyo) lagi…duar…Akhirnya selesai…hmmm satu lagi untuk menyelesaikan semua ujian tryout ini…mengerjakan soal yang berkaitan dengan hal yang gw kerjain tadi..misalnya…Langkah-langkah partisi harddisk pada client..terus..Tulis  apa  saja yang di perlukan dalam pembuatan kabel Cross Over..Setelah 30 menit di kerjakan akhirnya selesai juga…Fuih…Setelah 3 Jam Mengerjakan Semuanya…Akhirnya Sukses Dijalankan Semua…..Puji Syukur Alhamdulillah Semua Yang gw Latih selama ini bisa Dengan Lancar…semoga pada ujian kompetensi yang akan datang pada tanggal 14 maret nanti bisa seperti apa yang gw lakuin pada hari selasa kemarin…karena pada tanggal 14 maret nanti pengawas dan suasana dalam ujian kompetensi nanti akan berbeda…karena hal yang  gw takuti nanti akan sama dengan hal yang gw takuti pada LKS tahun lalu karena pengawas yang akan mengawasi ujian kompetensi nanti akan sama dengan LKS tahun lalu…

Semoga tulisan ini berguna untuk diri gw sendiri dan juga orang lain..agar selalu teliti dan tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu..

END

Entry filed under: TKJ, Uncategorized. Tags: .

Computer Networking Is…? Experience Of UAN UKOM

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



Calender

March 2009
M T W T F S S
« Dec   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 5,204 hits

Who Many Visitors?

Open Office Pilihanmu!

About Information Your PC

IP

