Aplikasi PC Router linux dan Aplikasi Server Internet

18-01-2008 at 1:32 p10 Leave a comment

PC Router Linux di gunakan sebagai perantara antara modem ADSL ke akses Wireless dengan jaringan LAN di lab sekolah / kantor. Karena sebagian besar fungsi Router dapat di gantikan dengan modem ADSL, Bagi kita-kita yang engga mau di buat pusing dapat mengunakan feature yang sederhana yaitu modem ADSL aja, PC  Router Linux di tujukan agar kita nanti ingin mengembangkan diri menguasai sistem yang lebih kompleks, terutama menggunakan server internet yang berbasis Linux.

1. APLIKASI ROUTER INTERNET

Aplikasi yang minimal perlu diinstall pada Router LAN agar semua komputer jaringan LAN dapat mengakses ke internet secara bersama-sama adalah Kemampuan dari Network Address Translation atau lebih di kenal dengan NAT.

Ada beberapa aplikasi yang cocok untuk Sebuah PC Router yang bisa di gunakan sebagai aplikasi standar pada sebuah PC Router yaitu:

– Firewall Sederhana, untuk mengatur trafik yang di ijinkan maupun tidak di ijinkan ke atau dari internet. Pada sistem operasi Linux, aplikasi firewall yang di gunakan biasanya sudah ada di sistem operasi dan dapat di akses menggunakan perintah iptables.

– Network Address Translation (NAT) yang sebenarnya menjadi bagian dari fungsi / kemampuan firewall memungkinkan banyak komputer di LAN membagi (Sharing) sambungan akses ke Internet yang hanya satu perangkat / beberapa perangkat.

– Fungsi Routing, biasanya memang built-in pada sistem operasi Linux. Fungsi routing di butuhkan jika kita mempunyai beberapa jaringan LAN yang ingin tergabung ke Internet secara bersamaan. Jika hanya ada satu buah jaringan LAN yang ingin tergabung ke Internet, fungsi routing yang kompleks tidak dibutuhkan. Pada Sistem operasi Linux, aplikasi routing yang di gunakan biasanya sudah ada pada sistem operasi dan dapat di akses menggunakan perintah route.

2. APLIKASI SERVER INTERNET

PC Router tersebut dapat di perbesar kapasitasnya untuk di jadikan server untuk berbagi aplikasi Internet & IntraNet yang kita butuhkan. Spesifikasi PC Server yang di butuhkan tergantung pada aplikasi Server yang di gunakan.

Beberapa aplikasi Internet yang perlu di install di PC Server antara lain adalah :

  • Proxy Server. Proxy berguna untuk mengatur / mengontrol akses Web di Internet.Pada sistem operasi Linux, Proxy Server yang sering di gunakan dan banyak sekali artikel yang membahas tentang program aplikasi ini adalah Squid.Menggunakan Squid kita dapat mengatur banyak hal, termasuk mengatur waktu akses Web, mengatur situs yang dapat di akses, dan lain-lain.Tetapi bila kita menggunakan aplikasi Proxy Server kita membutuhkan PC  Server yang mempunyai kemampuan yang kuat sebagaimana layaknya sebuah PC Server terutama bila kita ingin memblokir situs-situs porno di dunia Cyber.
  • Mail Server Local. Aplikasi yang sangat banyak digunakan di Internet adalah Mail Server.Menggunakan Yahoo.com atau Gmail.com yang “free” sebaiknya tidak dilakukan karena akan sangat membebani bandwidth ke Internet.Solusinya adalah membangun sendiri Server Mail Local di PC Server di LAN untuk aplikasi Mail. Di Linux ada beberapa software aplikasi yang dapat membantu, secara default biasanya aplikasi tersebut belum terinstall. Kita perlu menginstall software aplikasi tersebut melalui menu add/remove software. Beberapa pilihan aplikasi Mail Server favorite yang sering di gunakan dan juga banyak artikel yang membahasnya juga ialah Postfix untuk SMTP Server, dan dovecot untuk POP3 dan IMAP Server. Software Mail Client yang digunakan dapat menggunakan software client yang biasa kita gunakan seperti Mozilla Thunderbird, Kmail, dan lain-lain.
  • Web Server. Web biasanya merupakan aplikasi Server standar yang diinstall di Server Linux. Software Web Server yang biasanya digunakan adalah Apache. File HTML tempat Web Server berada biasanya berlokasi di /var/www/html.
  • Webmail Server. Sebagian besar orang mungkin lebih menyukai Webmail Server karena lebih memudahkan bagi kita yang tidak mempunyai Komputer. Salah satu software Webmail favorit yang dapat digunakan adalah Squirrelmail.

Entry filed under: Linux, Networking. Tags: , .

Linux Slackware On Membuat Router Sebagai Gateway Internet di Debian Woody

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



Calender

October 2008
M T W T F S S
« Sep   Dec »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Blog Stats

  • 5,204 hits

Who Many Visitors?

Open Office Pilihanmu!

About Information Your PC

IP

%d bloggers like this: